Cara buat Virtual KVM di server OVH / Kimsufi / SoYouStart

Image result for kimsufi

Kimsufi adalah salah satu penyedia server paling murah, dan kadang kadang punya diskon ga pake otak. Merupakan salah satu sub brand OVH. SoYouStart juga sub brand OVH, tapi gak murah :hammers

Kayaknya posting ini agak telat deh, waktu posting ini ditulis, karena promo Flash Sale nya baru aja out of stock semua. Tapi untungnya, sempat aku amankan satu buat rinaldo.id :D

Singkat cerita, kalau kamu pernah nyetel server di SoYouStart / Kimsufi / OVH (setelah ini kita sebut OVH aja biar ga ribet), pasti kamu nyadar kalau mereka ga punya IPMI / KVM. Mereka cuma punya “recovery mode” berbasis linux Debian, jadinya kalau networking error, yaa … selamat.

Tapi ada cara lain kok, yang akan kita bahas disini. Singkat cerita, kamu bakal boot lewat recovery, install QEMU dalam recovery, lalu connect ke display QEMU pake VNC, dengan disk di QEMU mengarah ke physical disk. (Recovery mode tidak otomatis nge-mount disk kita)

Langkah pertama, boot ke rescue mode. Selanjutnya, install qemu-system-x86.

[email protected]:~# apt-get update && apt-get -y install qemu-system-x86

Kamu bisa gunakan ISO buat nginstal ke dalam server, kalau mau. Siapkan aja, taruh di /tmp. Biar gampang, kita bakal save nama ISO nya jadi installer.iso

Ubuntu Trusty Mini ISO :

[email protected]:~# wget -O /tmp/installer.iso http://archive.ubuntu.com/ubuntu/dists/trusty-updates/main/installer-amd64/current/images/netboot/mini.iso

Windows 10 x64 ISO (dari posting ini) :

[email protected]:~# wget -O /tmp/installer.iso "https://rinaldo.id/mirror/Win10_1709_English_x64_VirtIO.iso"

Selanjutnya, kamu bisa boot QEMU dengan command ini.

[email protected]:~# qemu-system-x86_64 -net nic -net user,hostfwd=tcp::80-:80,hostfwd=tcp::443-:443 -m 1024M -localtime -enable-kvm -hda /dev/sda  -vnc 0.0.0.0:0 -cdrom /tmp/installer.iso -boot d

Note :

  • -cdrom /tmp/installer.iso bisa dibuang kalau ga pake file ISO, dan mau ngeboot lewat disk.
  • -vnc 0.0.0.0:0 artinya listen di port 5900 (display :0). Kalau mau di 5901, ganti jadi :1 0.0.0.0 artinya listen di semua address yang ada.
  • hostfwd=tcp::xx-:yy, berguna buat forward port yy di VM ke port xx di host. Kalau kamu mau forward RDP, ganti jadi 3389. Bisa ditambah pakai koma lagi di belakangnya.
  • -hda /dev/sda buat disk pertama. Kalau servernya punya beberapa disk, bisa tambah lagi -hdb /dev/sdb dan seterusnya. Aku agak kurang paham kalau pake RAID sih, tapi kalau pakai Soft Raid (mdadm), tambahin aja semua disk yang dalam array, harusnya sudah berhasil.
  • CPU harus support VT-x (Intel) / SVM (AMD). Mungkin, server Intel Atom bakal ga bisa pake cara ini. Tapi coba aja dulu, ga ada ruginya.

Share

Diterbitkan oleh

Rinaldo Jonathan

Admin of this site. Artis papan PCB. #zoneRinaldo #Controllerism Studio Demon, Stage Angel, Sleepy Developer, Smoke free. Kalkud SHS 2012, PCR G15.

Tinggalkan Balasan