Perjalanan Audio Interface Rusak

Singkat cerita, aku punya 2 audio interface, yang akhirnya keduanya sakit.


Image result for presonus audiobox

Presonus AudioBox (yang lama, bukan 96)
Image result for lexicon alpha
Lexicon Alpha. This guy is recording like an idiot on channel 1. Don’t be like that.

Soundcard yang lebih dulu rusak, AudioBox USB. Sekitar awal tahun lalu, rusaknya Channel 1 gak merespon inputan apa apa, baik mic, baik instrument …
Awalnya aku mikir, apa karena aku terlalu sering ga sengaja ngerekam sampai clip? Tapi kemudian, kenapa channel 2 masih sehat?

Perjalanan aku belajar emang banyak sekali merusak barang, dari Samsung Galaxy Gio/Ace yang mati total karena salah instal ulang, ASUS ROG yang patah engsel, ASUS T100 yang pecah layar ga tau kenapa, Zenfone 5 yang akhirnya dihargai 50 ribu karena matot, Smartfren Andromax V yang isinya kartu Flexi … :hammers

Trus gimana? Singkat cerita, aku udah coba bongkar. Gak ada yang aneh. Tapi aku curiga, rusaknya di konektor inputnya. Karena kalau ga salah, pernah jatuh tercolok.
Masalahnya, gak ada caraku buat ngetes apakah phantom powernya masih hidup. Kebetulan mic bonusnya (Presonus M7 yang patah juga pegangannya), gak ada indikator phantom nya. Dan DI Behringer ku selalu tinggal di gereja, dan aku sering lupa ambil, kecuali ada yang mau sewa, dan itu jarang sekali. Hadeh :hammers

Lalu kenapa baru sekarang? Karena aku masih punya Lexicon Alpha, yang akhirnya rusak juga februari kemarin.

Attempt Repair : Ganti konektor USB, yang ternyata gagal. Pas dicolok, boardnya ga kenapa kenapa, tapi kabelnya panas!
Lalu pas ditutup, … ada kapasitor yang patah. πŸ’© banget …
Ngga ngerti dah gue, kok tangan aku panas banget.

Sekarang, aku jadi ga punya interface apa apa. Untungnya dipinjemin Behringer UCA200 sama gereja, tapi gak bisa juga aku bawa tiap hari. Memang di gereja jarang rekaman, tapi ya gitulah. Apalagi, gak nyaman sebenarnya pake barang orang. Benar?

Lalu muncullah curhat ini di group Ableton Indonesia di Facebook

Info diatas dapat setelah WA ke melodia. Tapi batavia apa? Ga tau juga. Akhirnya, malah dapat alamatnya Batavia (PT. Panca Inti Bermitra) duluan … dari teknisinya Melodia.

Singkat cerita, Melodia memang dulu megang distribusi Presonus di Indonesia, dan masih ada sisa sebenarnya disana (beberapa speaker, Interface FireStudio sama Studio 192. PT PIB sekarang gantiin Melodia, tapi ga semua dimasukin barang kesini. Melodia dulu masukin semua, dan kabarnya PT PIB cuma masukin mixer dan beberapa lagi yang aku ga ingat. Interface ga termasuk — kata Melodia).

Cukup deg degan juga pas telepon PT PIB. πŸ’© lah, pikirku. Gimana mereka mau perbaiki barang yang mereka pun ga pernah masukin? Untungnya, pas telepon, mereka terima perbaikan AudioBox USB juga … untunglah. Thanks God.

Alamat Service Center Presonus

PT. Panca Inti Bermitra
Komplek Prima Center 1 Blok F15
Pesing Pogelar Jalan Pool Ppd No 11 Kedaung Kali Angke
Cengkareng
Jakarta 11710
(021) 29671425


Nanti kirim Presonus AudioBox USB kesini.

Alamat Service Center Lexicon

Melodia Musik
Jl. Sultan Iskandar Muda – Arteri Pondok Indah
No. 16E. Jakarta Selatan 12240
Up, Bagian Service Center Herman / Husni

Nanti kirim Lexicon Alpha kesini.

The journey continues … Sedikit lega, tapi belum terlalu.

Yang terpikir pertama adalah … dulu aku pernah mikir kenapa gak ambil 1 soundcard aja yang inputnya lebih banyak? Entah Behringer UMC404HD, atau sejenisnya … atau malah Lexicon Omega. Tapi setelah terjadi kasus ginian, sedikit bersyukur juga pernah punya 2 interface yang menyelamatkan selama hampir setahun.

Rencana kedepan, memang mau beli interface lagi. Mulai ditabung juga buat UMC404HD. Memang sih, bakal terasa banget yang biasanya pake Presonus kan … tapi ya sudahlah. Lagian, lebih sering aku rekam tuh output mixer, jadi preamp mic nya juga jarang kepake. Lagian, Presonus AudioBox ini ada port MIDI nya … yang aku pake juga buat alat bantu penelitian tugas akhir. Sekarang dia diperbaiki, aku harus pikirkan cara lain.

That being said, job yang aneh aneh udah selesai. Natal juga sudah lewat. At least she is not being asshole when I need her the most. So, thank God for that.

Buat yang baca, mohon doa dan dukungannya. Mungkin ini teguran buat aku untuk ngerawat barang lebih baik …
Atau mungkin Tuhan mau kasih interface yang rock solid, dan ga bisa dihancurkan? *ahem* Universal Audio Apollo Twin *ahem*

Kita lihat aja nanti.

Share

Diterbitkan oleh

Rinaldo Jonathan

Admin of this site. Artis papan PCB. #zoneRinaldo #Controllerism Studio Demon, Stage Angel, Sleepy Developer, Smoke free. Kalkud SHS 2012, PCR G15.

Tinggalkan Balasan